Menthol Kristal

Menthol Crystal merupakan komponen utama dari minyak peppermint yang membuat sensasi bau, rasa dan "sensasi dingin" ke kulit. Menthol diperoleh dengan membekukan minyak hasil sulingan peppermint hingga suhu -22oC. Pada kondisi suhu rendah, minyak yang tidak beku dituang sehingga mentol yang mengkristal.

Harga Menthol Kristal :
100 g  Rp. 290.000
500 g  Rp. 935.000


Mentha piperita berisi hingga 50 % menthol, sedang Mentha arvensis mengandung 70-80 % menthol . Kristal mentol disimpan di tempat yang sejuk dan dalam wadah yang tertutup . Menthol sebagai komponen solid minyak peppermint mempunyai bau yang khas, dulunya dikenal sebagai kamper peppermint.
 

Menthol biasa digunakan di dunia farmasi, kembang gula dan bumbu industri . Dalam salep, kristal liniments, mentol bekerja pada kekuatan 5 sampai 20 persen . Kristal biasanya diterapkan untuk kosmetik , salep dan balsem yang dibuat untuk membantu dalam batuk, masalah pernapasan bagian atas, dan flu. Kristal mentol juga sebagai inhalansia dan mudah digabungkan menjadi resep . Tambahkan beberapa tetes ke dalam mangkuk panas, air beruap dan hati-hati menghirup uap menenangkan melalui mulut dan hidung untuk hidung tersumbat dan bronkitis . Contoh komposisi Vicks VapoRub antara lain berisi kamper, menthol, eucalyptus, cedarleaf, pala, timol dan terpentin.